Assalamualaikum wr.wb
 
 

 
 

PENGERTIAN

    Standart Operating Prosedure (SOP) adalah serangkaian instruksi kerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan.

    Menurut Tjipto Atmoko, Standart Operasional Prosedur merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.

LATAR BELAKANG

    Demi  suksesnya sebuah pekerjaan, oleh karena itu diperlukan standar-standar operasi prosedur, sebagai acuan kerja secara sungguh-sungguh untuk menjadi sumber daya manusia yang profesional, handal sehingga dapat mewujudkan

visi dan misi perusahaan.


MAKSUD DAN TUJUAN

SOP juga memiliki tujuan sebagai dasar mengatur cara kerja seluruh individu dalam bekerja dan sekaligus membangun kualitas. Secara umum, tujuan SOP adalah untuk menjamin setiap unit kerja menjalankan aktivitas dengan tepat, cepat, efektif, efisien, dan terhindar dari kesalahan.


BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN

Pengertian Standart Operasional Prosedur.


TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN

Bisa mengetahui apa itu SOP dan dapat menerapkannya dalam pekerjaan yang akan dilakukan setiap harinya.


ALAT DAN BAHAN

Laptop

internet


TARGET WAKTU

4 Jam


TAHAPAN PELAKSANAAN

Membaca standart_Operasional_Prosedur pdf.



Sekian dan terimaksih

Wassalamualaikum wr.wb