PENGERTIAN
Standart Operating Prosedure (SOP) adalah serangkaian instruksi kerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan.
Menurut Tjipto Atmoko, Standart Operasional Prosedur merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.
LATAR BELAKANG
Demi suksesnya sebuah pekerjaan, oleh karena itu diperlukan standar-standar operasi prosedur, sebagai acuan kerja secara sungguh-sungguh untuk menjadi sumber daya manusia yang profesional, handal sehingga dapat mewujudkan
visi dan misi perusahaan.
MAKSUD DAN TUJUAN
SOP juga memiliki tujuan sebagai dasar mengatur cara kerja seluruh individu dalam bekerja dan sekaligus membangun kualitas. Secara umum, tujuan SOP adalah untuk menjamin setiap unit kerja menjalankan aktivitas dengan tepat, cepat, efektif, efisien, dan terhindar dari kesalahan.
BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN
Pengertian Standart Operasional Prosedur.
TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN
Bisa mengetahui apa itu SOP dan dapat menerapkannya dalam pekerjaan yang akan dilakukan setiap harinya.
ALAT DAN BAHAN
Laptop
internet
TARGET WAKTU
4 Jam
TAHAPAN PELAKSANAAN
Membaca standart_Operasional_Prosedur pdf.
Sekian dan terimaksih
Wassalamualaikum wr.wb
0 Komentar